welcome to Ngali

Anda sedang memasuki kawasan peristiwa Ngali dan sekitarnya, silahkan tinggalkan komentar anda berikut nama dan alamat email anda

Rabu, 31 Oktober 2012

KPU KOTA BIMA MEREKRUT PPK DAN PPS

Menjelang Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Bima dan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2013, KPU Kota Bima terus menggenjot persiapan yang matang agar pesta demokrasi 4 tahunan tersebut dapat berjalan sukses. Salah satu persiapan saat ini yakni perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebagai stakeholder penyelenggara Pemilu dibawah naungan KPU Kota Bima. Perekrutan PPK dan PPS dilaksanakan berdasarkan surat Ketua KPU Provinsi NTB Nomor 760/KPU Prov-017/X/12 tentang pengumuman pembentukan PPK/PPS, kemudian ditindaklanjuti dengan  Keputusan KPU Kota Bima Nomor 25/Kpts/KPU Kota-017.433903/2012, dimana jadwalnya dilaksanakan secara serentak oleh KPU Kab/Kota seluruh NTB mulai tanggal 5 Oktober 2012
Menindaklanjuti surat tersebut, KPU Kota Bima sejak seminggu yang lalu telah mengumumkan secara resmi dengan mengirimkan surat ke seluruh kantor Camat dan Lurah se-kota Bima serta memasang iklan di media cetak dan elektronik terkait pendaftaran dan seleksi calon PPK dan PPS untuk Pemilukada Tahun 2013 mendatang. Waktu yang disediakan seminggu untuk masa pendaftaran (tanggal 5 – 15 Oktober 2012) cukup diminati masyarakat Bima. Antusias masyarakat Bima yang ikut dalam pendaftaran tersebut membludak, sehingga cukup membuat sibuk Panitia yang menerima berkas formulir pendaftaran yang ada di Sekretariat KPU Kota Bima.Calon Pendaftar yang cukup banyak diminati yakni sebagai PPK, dimana rasio yang yang mendaftar 2 kali lipat dari jumlah personel yang dibutuhkan. Rata-rata perkecamatan, panitia menerima 10 – 20 pendaftar, sedangkan personel yang dibutuhkan hanya 5 orang untuk 1 kecamatan. Sementara calon pendaftar yang berminat sebagai PPS tidak kalah banyaknya dengan yang meminati PPK, namun beberapa PPS seperti kelurahan Monggonao, Oi Fo’o, Kumbe dan beberapa kelurahan yang cukup terpencil, hanya mengirimkan 3- 5 pendaftar. Padahal KPU Kota Bima mengharapkan dalam pengumumannya tiap kelurahan minimal mengirimkan 6 calon dari 3 personel yang dibutuhkan.
Calon Penyelenggara Pemilu yang telah mendaftar ini, kemudian diseleksi secara administrasi untuk dapat lolos mengikuti tahap selanjutnya yakni tes wawancara. Dalam tahap seleksi administrasi cukup banyak ditemukan calon pendaftar yang tidak lolos secara administrasi. Penyebanya bermacam-macam, seperti, tidak cukup umur, berkas formulirnya tidak bermaterai, tidak lengkap berkas,bahkan ada calon pendaftar yang diketahui pernah menjadi Anggota salah satu partai politik pada pemilu 2009 lalu. “ yang paling banyak penyebab tidak lolosnya calon yakni tidak cukup umur ” jelas Eka Wahyuni Dewi, salah satu panitia pemeriksa berkas calon PPK dan PPS. Sementara calon pendaftar yang tidak lengkap berkasnya diberikan waktu 2 (dua) hari, terhitung mulai tanggal 21 – 22 Oktober 2012 untuk melegkapi kekurangannya dan menghimbau kepada Lurah yang belum memenuhi jumlah rasio kebutuhan calon pendaftar agar segera dipenuhi
KPU Kota Bima akhirnya menentukan hasil seleksi administrasi pada selasa 23 Oktober 2012 tentang siapa saja yang berhak mengikuti tahap selanjutnya yakni tes wawancara. Sedangkan pengumuman untuk calon PPK akan menyusul. Hasil keputusan tersebut dikirimkan dan diumumkan pada masing-masing kantor keluranan se-kota Bima. Dari sekian banyak calon PPS yang mendaftar, terdapat 108 pendaftar yang lolos seleksi. Tes wawancara calon PPS kemudian dijadwalkan hari Rabu dan Kamis tanggal 24 -25 Oktober 2012 bertempat di Aula SMKN 2 Kota Bima dengan jadwal sebagai berikut :
1.    Hari Rabu, 24 Oktober 2012 dijadwalkan untuk PPS seluruh kecamatan Asakota dan Rasanae Barat, serta sebagian PPS kecamatan Mpunda yakni calon PPS kelurahan Sadia, Penatoi, Lewirato, SambinaE, Matakando Monggonao dan Panggi.
2.    Hari Kamis, 25 Oktober 2012, dijadwalkan untuk seluruh calon PPS kecamatan Raba, dan Rasanae Timur serta sebagian dari calon PPS kecamatan Mpunda.

Dari  pantuan terakhir kami, pada tes wawancara yang dilakukan hari ini, Rabu 24 Oktober 2012, sampai jam 15.45 waktu setempat, baru 19 orang calon PPS yang telah mengikuti tes wawancara. 19 orang calon PPS tersebut yakni dari seluruh PPS kecamatan Asakota.” Ini yang terakhir dari kecamatan Asakota” ujar Eli Idawati, salah satu panitia Rekruitment PPK dan PPS, sembari menyerahkan berkas calon PPS untuk diwawancarai oleh 4 Anggota KPU Kota bima yakni Drs Gufran M.Si, Firman, SE., M.AP, Fatmatul Fitriah, SH dan Sry Nuryati, SE.
Tes wawancara ini telah dilaksanakan sejak pagi jam 08.00 Wita dan direncanakan selesai jam 22.00 Wita. Jadwal ini sangat mungkin akan meleset, sebab hingga pukul 15.45 Wita tadi baru terlaksana 4 kelurahan. Sedangkan calon PPS yang belum melakukan tes terdapat sejumlah 13 kelurahan.”pasti tidak cukup waktu” Eli Idawati meyakinkan. Oleh Karena itu beberapa calon PPS yang telah lama menunggu ini kemungkinan akan melanjutkan tes wawancara besok. (****EDI****)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar