welcome to Ngali

Anda sedang memasuki kawasan peristiwa Ngali dan sekitarnya, silahkan tinggalkan komentar anda berikut nama dan alamat email anda

Selasa, 09 Februari 2010

Fenomena Manusi Ular

Pernahkah salah satu dari kalian yang melihat gambar video ”manusia ular”. SAYA PERNAH!!. ketika itu kira kira di akhir penutupan 2008. Tapi di kampung saya video itu baru heboh di awal 2010 (telat sekali yaa..). iyap, vodeonya memang sudah lama ada, tapi script alias ceritanya baru muncul. Bahkan ada tetangga saya yang berani mengklaim bahwa video yang ia lihat adalah berasal dari orang yang secara langsung mengambil gambarnya alias shooting langsung kejadian itu memakai HP kameranya sendiri. Tidak hanya itu, sebagian lain berusaha menganalisa bahasa yang dipakai orang orang dalam Video itu dan mengambil kesimpulan asal kejadian dalam video itu berdasarkan bahasa yang dipakai orang didalamnya (wuh...pingin jadi Roy Surio nya bima). Apa mereka tidak sadar bahwa audio dari gambar itu bisa dimanipulasi alias dibikin ulang? bahkan video atau gambarnya pun bisa dimanipulasi dengan teknologi sekarang ini (ngga gaul ya?!)
Asal muasalnya begini, seminggu setelah para jamaah haji tiba di tanah air khususnya di Bima, video ini tersebar luas melalui Handphone. lalu script baru muncul dengan rumor cerita bahwa ular berkepala aneh dalam video tersebut adalah jamaah haji perempuan asal lombok (ada juga yang menyebutnya dari Dompu) yang sejak 3 hari setelah sampai di rumahnya ia berubah menjadi ular ketika ia berkurung diri dalam kamarnya.dari pagi sampai sore. Apa sebab musabah hingga ia menjadi ”makhluk aneh??” Rumor itu bercerita, ia terkenal dengan Rentenir di daerah itu, lalu ia naik haji pada tahun 2009. lalu ketika ia melihat Hadjar Aswad di sana, ia dengan sangat sadar menyesal dengan ucapannya yang kira kira begini ”hanya karena lubang seperti lubang ular ini yang menghabiskan uang saya berpuluh juta untuk ke sini”. kemudian ketika ia mengelilingi Ka’bah ”oooo ini toh Ka’bah itu, jauh jauh saya dari Indonesia cuma karena selembar kain hitam begini”. Lalu kemudia setelah ia sampai di rumahnya di Indonesia, ia kemudia berubah jadi makhluk aneh tersebut. Lalu orang menyebutnya Terkutuk. Kira kira seperti itulah rumor yang berkembang di kampung halaman saya khususnya di Ngali.

Tapi kenyataan yang mungkin kebetulan atau memang direncanakan (entahlah...) begini. Saya sendiri pernah browsing di I Witness Metro TV ketika akhir penutupan 2009. saya menemukan video yang menceritakan dengan teksnya adalah anak yang terkutuk karena menyiram dengan air panas bundo kandungnya yang sedang sholat. lalu saya mencopy script HTML video tersebut untuk saya pasang di blog saya dengan judul ”Manusia Ular”. kira kira 3 minggu kemudian muncullah video rumor seperti cerita di atas. Anehnya video rumor itu sama persis dengan tag yang saya pasang di blog, termasuk nama filenya yakni manusia ular. Namun saya hanya mengira ngira begini, jangan jangan ada orang yang memanfaatkan apa yang ada di blog saya dengan membuat cerita yang lain. Tapi mudah-mudahan dugaan saya salah. Mohon maaf jika hal itu benar terjadi, saya sendiri tidak bermaksud menayangkan video itu untuk menakut nakuti orang lain apalagi dengan membuat cerita yang berbeda dengan aslinya, saya hanya ingin pembaca mengetahui ada kenyataan terjadi diluar logika manusia, tentu saja hanya Allah yang Maha mengetahui dan Maha Besar. Karena itu, kita mestinya merenung adanya keajaiban keajaiban itu... Wallahualam.

1 komentar:

  1. oh,rumor tentang manusia yang berubah menjadi ular itu heboh juga ya di ngali,?saya juga sempat bingung dan penasaran dengan kebenaran rumor ini..soalnya saya juga pernah mendengarkan bahkan melihat video itu,,tapi semua yang saya dengar itu seolah-olah teorema yang harus saya buktikan..!!
    jadi begini ceritanya,karena motor saya lagi di bengkel,sepulang kuliah saya minta diantar sama teman kuliah saya,sampai di kosku dia katanya mau lihat-lihat dulu foto teman-teman yang piknian kemarin di laptop saya,awalnya dia mengutak_atik photoshop dan tak puas dengan itu singkat cerita dia coba mengutak-atik video yang kebetulan video lucu yang bergambarkan ular dengan memakai video setting,,naah,,beberapa menit saya tertidur karena capek,kira-kira pukul 4 sore saya terbangun,,dan dia memperlihatkan video di hpnya yang katanya hasil settingannya tadi,,selang beberapa minggu sebagian warga swakarsa,lombok. heboh dengan berita tersebut yang kisahnya bahwa orang di video berubah jadi ular karena ngomong macam2 ketika dia naik haji,tapi tidak seheboh di ngali si,banyak yang tidak begitu menanggapinya,
    antara percaya dan ngganya saya sama teman saya berbaur menjadi satu.tapi yg jelas waktu dia bikin video itu bersamaan dengan kepulangan jama'ah haji.jadi,mungkin,???
    ah sudahlah,

    tapi bisa ngga saya ngirim video asli sama hasil settingan teman saya ini,mungkin aja sama dengan video yang heboh disitu masalahnya juga kalau saya tanya lagi sama teman saya takutnya nanti saya dianggap meragukan dia.tapi yang jelas dia bilang kalau video yang beredar itu settingannya dia.sekalian kita menuntaskan semuanya biar tidak hanya sekedar rumor yang sifatnya menakutkan.tapi gimana caranya,,?????
    nanti aja deh,,sebentar lagi saya pulang kampng n inssallah saya akan cocokan semuanya.

    BalasHapus